Rabu, 11 September 2013

sejarah keperamukaan


SEJARAH KEPRAMUKAAN
Kepanduanmasukkeindonesia ( padawaktuitumasihHindiaBelanda, karenanegarakitasedang di jajah orang Belanda ) pertama – tama di bawaoleh orang Belanda. Organisasinyabernama Nederland IndischePadvindersVereniging (NIPV) yang artinyaadalahPersatuanPandu – panduHindiaBelanda.
Bangsakitamulaitertarikpadaorganisasitersebutdankarenasifatnya yang universal makaorganisasikepanduandapatdengancepatditerimaolehbangsakita, apalagikondisipadawaktuitusangatmemungkinkan.Para remajadanpemudakitamembutuhkansuatuorganisasi yang dapatmenampungaspirasimerekaterhadaptanah air.
  • Sesuatu yang membuatpemerintahKolonialBelandamenjadicukupkhawatir. OlehkarenaitupemerintahKolonialBelandamelarangbangsakitamengikutikegiatan NIPV.
  • Makaberdirilahorganisasi – organisasikepanduan yang becirikanNasionalismedanOrganisasikepanduannasional yang pertamadidirikanadalahJavaansePadvindersOrganisatie( JPO ) tahun 1916 atasprakarsa Sultan PangeranMangkunegara VII di Surakarta.
  • Pendirian JPO inimembuatpararemajadanpemuda di daerahlaintertarikmendirikanOrganisasiKepanduan. Yang memangpadawaktuitubisadianggapsebagaisalahsatucaraperjuangandalamusahanyamencapaikemerdekaan.
  • TonggakkebangkitanbangsaindonesiaadalahberdirilahOrganisasiBoesiOetomo, 20 Mei 1908. LaluPeristiwasumpahPemuda, 28 Oktober 1928, yang menjiwaiGerakanKepanduanNasionalkitasemakinbergerakmaju ( merupakansemangatNasionalisme )
  • KemudianpemerintahkolonialBelandamelarangpemakaianistilahPadvinderbagiorganisasikepanduanbangsakita. Istilah “PANDU” dan “KEPANDUAN” dikemukakanpertama kali dalamkongres SIAP tahun 1928 olehKH.AgusSalim di kotaBanjarnegara, Banyumas, Jawa Tengah.
  • Peristiwabersejarahterjadisaat BP dan Lady Baden Powell berkunjungke Indonesia, tanggal 3 Desember 1934. BP singgah di Jakarta setelahmeninjauJambore di Australia. WalauparapandunasionalistidakdapatbertemudenganBapakPandu.
  • Pandu Indonesia pertama kali mengikutiJambore di Jamboredunia V di Volegenzang, Belanda di tahun 1937 ( Pandu Hindi Belanda ).
  • Padajamanpendudukanpenjajahjepang, organisasikepanduandilarangsamasekali. SemuaorganisasikepanduanharusbergabungdenganorganisasikepemudaanbentukanJepang.
  • Kemudiansetelah PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1945, berdirilahkembaliorganisasi – organsasikepanduanhinggamencapaijumlahlebihdari 100 organisasi, yang tegabungdalam 3 federasi, yaitu :
-          IPINDO (IkatanPandu Indonesia, 13-09-1951)
-          POPPINDO (PersatuanOrganisasiPanduPuteri, tahun 1954)
-          PKPI (PerserikatanKepanduanPuteru Indonesia)
  • KemudianterjadiperistiwapentinglainnyaadalahJamboreNasionalKepanduanPertamapadamasaPandu (sebelumjadiPramuka), yaitudiselenggarakan di PasarMinggu, Jakarta padaTahun 1955 (diselenggarakanoleh IPINDO).
  • KetigaFederasitersebutbergabungmenjadisatudalam PERKINDO (PersatuanKepanduanIndonesia )sekitar 60 Organisasidengan ± 500.000 anggotaPandu.
  • Akhirnya, disadaribahwabanyaknyaOrganisasiBangsa, makaPemerintahmengeluarkan KEPRES No.238/61 TentangGerakanPramuka, sebagaidukunganPemerintahterhadapOrganisasiKepanduan Indonesia. Keprestersebut di atas di tandatanganiolehPerdanaMenteri RI saatitu, Ir.H.Juanda (PresidenSoekarnomengadakankunjungankenegaraJepan ).
  • GerakanPramukabukanbadanpemerintah, semuaorganisasikepanduanmeleburdirimasukmenjadianggotaGerakanPramuka, kecualiorganisasi – organisasikepanduan yang berhaluankiri / komunis. MulailahGerakanPramukaberkembangmenjadiorganisasi yang disegani. Kemudiansamapisaatinitelahdiselenggarakanbeberapa kali JamboreNasional (Jamnas), pertemuanPramukaPenggalang yang diselenggarakansetiaplimatahunsekali.
JAMBORE NASIONAL INDONESIA
NO
JAMBORE
TAHUN
TEMPAT
1
I
1937
Situ baru, DKI Jakarta
2
II
1977
Sibolangit, Sumatera Utara
3
III
1981
Cibubur, DKI Jakarta
4
IV
1986
Cibubur, DKI Jakarta
5
V
1991
Cibubur, DKI Jakarta
6
VI
1996
Cibubur, DKI Jakarta
7
VII
2001
Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah
8
VIII
2006
Jatinangor, Sumedeng, Jawa Barat

Tahun 1981, JamnasPramuka Indonesia diselenggarakanbersamaandenganJambore Asia Pasific 6th.
Dasadharma
Pramukaitu:
  1. TakwakepadaTuhan Yang MahaEsa.
  2. Cintaalamdankasihsayangsesamamanusia.
  3. Patriot yang sopandanksatria.
  4. Patuhdansukabermusyawarah.
  5. Relamenolongdantabah.
  6. Rajin, terampil, dangembira;
  7. Hemat, cermat, danbersahaja;
  8. Disiplin, berani, dansetia;
  9. Bertanggungjawabdandapatdipercaya;
  10. Sucidalampikiran, perkataan, danperbuatan.
Trisatya
Demi kehormatankuakuberjanjiakanbersungguh-sungguh:
  1. MenjalankankewajibankuterhadapTuhan, Negara KesatuanRepublik Indonesia danmengamalkanPancasila
  2. Menolongsesamahidupdanmempersiapkandirimembangunmasyarakat
  3. MenepatiDasadarma


 SALAM PRAMUKA

1.salam biasaadalahsalamygbiasadiucapknpdkhidupnshri-hari.Contohnya;aslamualaikum,selamatpagidll

2.salam hormatbiasanyadiucpknkpdapmimpnupcarbnder,presiden,benderadll

3.salam janjibiasnya d ucpknpejbt n angotpolitikyg d lantik



MORSE

A=._                       J=.___
B=_...                    K=_._
C=_._.                   L=._..
D=_..                    M=__
E=.                          N=_.
F=.._.                       O=___
G=__.                     P=.__.
H=….
I=..


Q=__.-
R=._.
S=…
T=_
U=.._
v=…-
W=.__
X=_.._
Y=_.__
Z=__.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar